KBP Pati Inisiasi Program Penukaran Botol Plastik dengan Pupuk Kompos untuk Tangani Sampah

Pati, Info Seputar Pati – Pecinta tanaman bonsai yang diberi nama Komunitas Bonsai Pati (KBP), menggaungkan penanganan sampah dengan terobosan yang unik serta dilirik banyak masyarakat pada acara Car Free Day (CFD) di Kota Pati pada Minggu (19/6/2022) kemarin.

Pasalnya, KBP selain membuka stand pameran bonsai, komunitas itu juga menerima penukaran tiga botol plastik bekas, yang digantikan dengan pupuk kompos sebanyak 5 kg dalam setiap transaksi penukarannya.

Menurut Mohamad Iksan selaku Wakil Ketua KBP, acara tersebut berdasarkan kerjasama yang dijalin oleh KBP dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati.

“Betul mas, masyarakat bisa menukarkan 3 botol bekas minum dengan 5 kg pupuk organik atau kompos dari kita. Acara ini hasil kerjasama antara KBP dan DLH Pati,” ucap Mohamad saat ditemui langsung di lokasi pameran bonsai, Minggu (19/6/2023).

Selain menggaungkan penanganan sampah, KBP mengakui acara CFD tersebut menjadi ajang promosi dan menggali potensi pecinta kesenian merangkai pohon bonsai. Adapun bonsai yang dipamerkan saat CFD tersebut adalah jenis tanaman bonsai lokal.

Kemudian menjelaskan alasan mengapa bonsai lokal yang diangkat dalam acara pameran CFD tersebut. Yaitu agar bonsai lokal mempunyai nilai ekonomis lebih tinggi, dan dapat meningkatkan kesejahteraan para pecinta seni bonsai.

“Saya sangat senang acara CFD ini diberlakukan kembali, kami bisa kembali mempromosikan bonsai lokal supaya nilai ekonomisnya semakin tinggi, yang dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan dapat menggali potensi para pecinta kesenian merangkai bonsai, serta dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *