Ratusan Koperasi Tak Aktif, DPRD Pati Desak Pemkab Pati Tertibkan yang Bermasalah

Pati, Infoseputarpati.com – Ratusan koperasi di Kabupaten Pati tidak aktif. Hal ini menjadi sorotan dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muslihan.

Ia mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati untuk menertibkan koperasi yang bermasalah dan tidak memenuhi syarat sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda).

“Penertiban harus ada. Pembinaan dan pendampingan untuk koperasi yang masih aktif dan sehat harus semakin ditingkatkan secara berkelanjutan,” ujarnya kepada Mitrapost.com belum lama ini.

Data dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Dinkop UMKM) Kabupaten Pati menyebutkan, sebanyak 300 koperasi di tidak aktif hingga tahun 2024 ini.

Terpisah, Kepala Dinkop UMKM Kabupaten Pati, Wahyu Setyowati mengungkapkan, bahwa total koperasi di Kabupaten Pati ada 600 unit. Namun, ada 300-an saja yang aktif. Sisanya separo jumlah koperasi tercatat tidak aktif.

“Ya koperasi yang dikategorikan tidak aktif ini kan karena selama dua tahun tidak ada Rapat Anggota Tahunan (RAT). Kita lakukan pendampingan karena di Dinas Koperasi dan UMKM ini kan ada pendamping koperasi,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *