Pati Kelebihan Tenaga Guru PPPK Akibat Formasi Tak Tepat Sasaran

Pati, infoseputarpati.com – Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Pendidik (GTK) Disdikbud Kabupaten Pati, Ponco Sugiharto mengatakan Kabupaten Pati kelebihan tenaga guru PPPK di luar kebutuhan formasi.

Diceritakannya, pada seleksi PPPK tahun 2021 Pemkab Pati mengajukan 1.830 guru PPPK dan disetujui 1.762 formasi.

Sayangnya ribuan formasi yang disetujui tersebut ada sebagian formasi yang tidak diajukan oleh Pemkab Pati malah diloloskan tes.

Formasi tidak tepat sasaran tersebut ada dari golongan guru kelas dan guru mapel dari beberapa satuan pendidikan negeri.

“Itu sebenarnya ada formasi yang tidak kita butuhkan tapi dari kementerian pusat malah ditambah. Itu yang menjadi keluhan kami. Mengakibatkan tidak ada formasi tapi mendapatkan penempatan. Imbasnya kelebihan tenaga,” ujar Ponco kepada infoseputarpati.com saat ditemui di kantornya.

Lebih lanjut, ia tak menyebutkan berapa jumlah tenaga berlebih yang dimaksud, yang jelas katanya, tidak banyak. Diterangkannya, secara regulasi untuk golongan PPPK tidak ada kebijakan mutasi. Sebagai alternatifnya para guru PPPK berlebih dibuatkan nota tugas dan ditugaskan untuk mengajar di sekolah lain.

“Kontrak PPPM sering disalahpahami orang. Tidak ada ketentuan mutasi, kan kontrak. PPPK perjanjiannya disitu kerjanya. Kalaupun kemudian mutasi terpaksa kita nota tugaskan. Kontraknya di SD X tapi yang membutuhkan di nota tugaskan di SD Y. Masih tetap di X kontraknya, ” terangnya.

Perlu diketahui, tahun ini Pemerintah Kabupaten Pati mengusulkan formasi guru sebanyak 665 formasi. Hingga sekarang belum ada keputusan resmi kapan seleksi PPPK 2022 akan dilangsungkan.

Ponco mengaku dalam pengajuan formasi PPPK tahun 2022 ini, pihaknya selektif. Hal tersebut dimaksudkan untuk meminimalisir over tenaga PPPM termasuk mempertimbangkan kemampuan penggajian dari anggaran APBD daerah.

“Awalnya kita mikirnya yang dibayar pemerintah pusat. Tapi realisasinya APBD. Kami lebih selektif dan mempertimbangkan APBD dalam menentukan formasi,” ujarnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari infoseputarpati.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol “Mengikuti”

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Berita Pati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *